Wisata Seru di Paralayang Batu

Paket wisata malang – Indonesia, negara kepulauan dengan kekayaan alam yang luar biasa, menawarkan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu destinasi wisata yang menarik dan wajib dikunjungi adalah Paralayang Batu. Terletak di kota Batu, Jawa Timur, Paralayang Batu menawarkan pengalaman wisata yang unik dan tak terlupakan. Dari olahraga ekstrim seperti paralayang, menikmati pemandangan kota Malang yang mempesona, hingga berkunjung ke Omah Kayu, setiap aktivitas di Paralayang Batu menjanjikan petualangan dan kegembiraan. Nah, apa saja aktivitas seru yang bisa dilakukan di Paralayang Batu? Berikut beberapa diantaranya

1. Paralayang

Paralayang di Batu adalah salah satu olahraga yang sangat menarik dan seru. Lokasi ini dijadikan pusat latihan dan event paralayang se-Malang Raya. Anda dapat merasakan kebebasan melayang bersama angin sambil menikmati keindahan alam dengan ditemani instruktur yang disediakan pengelola. Sejarah paralayang di Indonesia dimulai pada tahun 1988 dan berkembang pesat hingga menjadi bagian dari Pekan Olahraga Nasional pada tahun 2000 di Batu, Malang, Jawa Timur.

Namun sebagai pemula yang hendak mencoba aktivitas yang satu ini sebaiknya ikuti arahan pemandu dengan baik demi menjaga keselamatan anda. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan seperti

Persiapan Fisik

Persiapan fisik adalah hal yang utama untuk melakukan paralayang. Anda harus mempersiapkan fisik terlebih dahulu, karena akan melakukan pendakian yang cukup panjang dan berat. Misalnya, jika Anda berencana melakukan paralayang di Gunung Kerinci, Anda perlu mendaki hingga ke tempat bernama Tugu Yudha, yang tingginya sekitar 3675 mdpl.

Persiapan Mental

Meluncur dari ketinggian memerlukan keberanian dan mental yang kuat. Pastikan Anda tidak memiliki fobia ketinggian. Anda akan terbang dari ketinggian kurang lebih 3675 mdpl, jadi mental yang kuat sangat diperlukan.

Siapkan Obat dan Perlengkapan Pribadi

Kondisi fisik prima sangat penting, tapi Anda juga harus menyiapkan perlengkapan atau obat-obatan pendukung untuk siaga. Perlengkapan ini bisa berupa obat-obatan pribadi, tabir surya, pakaian yang tepat, dan lain-lain.

Pilih Paralayang Tandem

Bagi pemula, paralayang dengan menggunakan fasilitas tandem adalah pilihan terbaik. Anda akan didampingi oleh penerbang profesional dalam perjalanan mengitari udara. Dengan paralayang tandem, Anda bisa merasakan sensasi terbang tanpa harus khawatir mengendalikan parasut.

Pastikan Pengaman Telah Terpasang dengan Baik

Sebelum terbang, pastikan semua peralatan keamanan telah terpasang dengan baik. Ini termasuk parasut utama, parasut cadangan, harness, dan helm.

2. Menikmati Pemandangan Kota Malang

Dari Paralayang Batu, Anda bisa menikmati landscape Kota Malang yang mempesona. Saat pagi atau sore hari, Anda bisa menikmati sunrise atau sunset yang eksotis. Dari area perbukitan dapat menyaksikan indahnya pemandangan Kota Batu.

3. Berkunjung ke Omah Kayu

Omah Kayu merupakan penginapan berupa rumah pohon yang lokasinya bersebelahan dengan wisata Paralayang di Gunung Banyak. Berada di ketinggian 1.340 mdpl, Omah Kayu Batu menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan Kota Wisata Batu.

4. Melakukan Outbound

Di area Paralayang Batu terdapat area outbound yang memungkinkan Anda melakukan aktivitas luar rumah. Misalnya flying fox, trekking, rafting, hingga offroad.

Fasilitas di Paralayang Batu

Di lokasi wisata Paralayang, sudah tersedia beberapa fasilitas pendukung yang cukup memadai seperti warung-warung makanan untuk mengisi perut, tempat parkir kendaraan yang cukup luas, mushola untuk beribadah di dekat lahan parkir, toilet yang bersih, dan penginapan bernama Omah Kayu alias rumah pohon.

Baca juga Rekomendasi Tempat Camping di Malang

Cara Menuju Paralayang Batu

Untuk menuju ke Paralayang Batu, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan jurusan jalur Batu – Tlekung – Selecta dengan biaya Rp5.000 per orang. Kemudian turun di perempatan Jalan Raya Songgokerto dan naik ojek untuk paralayang dengan tarif sekitar Rp10.000/orang.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Jam operasional Paralayang Batu adalah setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuk Paralayang Batu cukup terjangkau hanya Rp25.000 dengan biaya parkir yang murah. Namun, jika ingin mencoba olahraga paralayang, terdapat biaya tambahan.

Bagaimana apakah anda tertarik akan memilih Paralayang Batu sebagai tujuan wisata liburan nanti? Jika anda tertarik dan ingin menikmati keseruan liburan di Malang dan sekitarnya, silahkan hubungi kami di ongistour karena kami memiliki banyak paket wisata yang lengkap dengan harga yang terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the bookyourtravel internet portal. You are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *