Tumpak Sewu Surga Wisata Tersembunyi di Lumajang

Paket wisata bromo – Air Terjun Tumpak Sewu, atau yang juga dikenal dengan nama Coban Sewu, adalah sebuah permata tersembunyi yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Air terjun ini memiliki keindahan yang mempesona dengan ketinggian sekitar 120 meter dan terbentuk dari aliran Sungai Glidik yang memiliki hulu di Gunung Semeru, gunung tertinggi di Jawa.

 

Lokasi Tumpak Sewu

Lokasinya yang berada di antara Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, dan Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, membuat air terjun ini menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pecinta alam. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Tumpak Sewu tidak hanya terbatas pada air terjun utamanya saja, tetapi juga pada banyak air terjun kecil yang ada di sekitarnya. Setiap air terjun kecil memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang menambah pesona dari lokasi wisata ini.

 

Trekking di Lembah Menuju Tumpak Sewu

Untuk mencapai dasar Air Terjun Tumpak Sewu, wisatawan harus melakukan trekking melalui jalur yang cukup licin dan menantang. Jalur ini melewati tebing-tebing yang mengapit dan menyeberangi aliran sungai. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sandal gunung yang kokoh atau sepatu trekking untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

 

Goa Tetes

Selain itu, di balik Air Terjun Tumpak Sewu, terdapat sebuah gua yang dikenal sebagai Goa Tetes. Konon katanya Goa ini biasanya digunakan untuk kegiatan spiritual seperti bersemedi atau bertapa. Namun, pengunjung juga diperbolehkan untuk memasuki dan melihat-lihat di dalamnya. Keberadaan Goa ini menambah daya tarik dari Air Terjun Tumpak Sewu sebagai destinasi wisata.

 

Fasilitas di Tumpak Sewu Waterfall

Fasilitas yang tersedia di area wisata ini cukup lengkap. Ada area parkir, toilet, mushola, serta warung makan yang bisa digunakan oleh para pengunjung. Selain itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke Tumpak Sewu untuk melakukan berbagai kegiatan seperti hiking, camping, dan fotografi.

Baca juga Tips Memilih Open Trip yang Aman Biar Gak Kena Tipu

Tips Ketika Berkunjung ke Tumpak Sewu

Berikut ini beberapa tips untuk berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu

Persiapkan kondisi fisik Anda yang paling prima. Trekking menuju dasar air terjun membutuhkan stamina dan kekuatan fisik yang baik.

Hindari berkunjung ke air terjun Tumpak Sewu saat cuaca mendung atau hujan. Jalur trekking yang licin bisa menjadi lebih berbahaya saat cuaca buruk.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari. Hindari berkunjung di sore hari karena jalur trekking bisa menjadi gelap dan sulit dilihat.

Gunakan alas kaki yang tepat. Sepatu trekking atau sandal gunung yang kokoh sangat disarankan karena jalur menuju titik Air Terjun Tumpak Sewu cukup licin.

Siapkan fisik dan stamina. Trekking menuju dasar air terjun membutuhkan banyak energi, jadi pastikan Anda dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan.

Gunakan jasa pemandu. Bagi anda yang belum memiliki pengalaman berkunjung ke Tumpak Sewu sangat dianjurkan menggunakan jasa pemandu atau jasa tour agar perjalanan anda bisa jadi lebih aman ketika ditemani oleh orang orang yang sudah mengenal seluk beluk Tumpak Sewu dengan baik. Salah satu jasa tour yang bisa digunakan untuk berkunjung ke sana adalah ongis tour yang juga menyediakan paket wisata Tumpak Sewu dan sekitarnya. Info lengkapnya bisa cek di ongistour.com.

Dengan persiapan yang matang dan rasa petualangan yang tinggi, kunjungan Anda ke Air Terjun Tumpak Sewu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Nikmati setiap momen di sana, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam. Selamat berpetualang!

Tinggalkan Balasan

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the bookyourtravel internet portal. You are requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice or explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *